Jumat, 26 September 2014

Apa yang membuat Serial/ Sinetron Korea Lebih disukai daripada Sinetron Indonesia (OPINI)


                           Menurut Kalian, Apa yang membuat Serial/ Sinetron Korea Lebih disukai daripada Sinetron Indonesia? Akhir-akhir ini sinetron atau serial dari luar negeri banyak diputar di Indonesia. Dan bahkan bisa mengalahkan Sinetron Indonesia. Contoh paling konkritnya Serial Film India Mahabharata , Mahadewa dan lainnya yang diputar di Stasiun TV Swasta ANTV. Menurut berita bahwa serial dari Bollywood tersebut mendapat share tinggi dibanding sinetron buatan dalam Negeri. Apakah itu yang menyebabkan stasiun TV indonesia seolah berlomba untuk menayangkan serial dari luar Negeri.

Yang lebih banyak Sinetron dari India dan Korea kemudia menyusul dari Cina. Bahkan ada beberapa Sinetron yang dikabarkan di adaptasi dari Sinetron Korea yang beberapa waktu yang lalu sempat menjadi berita populer di Sosial Media, Media Online dan Media TV. Kabarnya sempat di Stop karna dituduh Plagiat.

Apakah sampai demikian menurunnya rating sinetron buatan sendiri (Naskah sendiri). Sampai harus mengadaptasi dari Luar Negeri. Kemudian timbul sebuah pertanyaan. Kenapa serial/ sinetron dari Luar begitu disenangi oleh masyarakat Indonesia? Maka beberapa bagian yang membedakan sinetron Dalam Negeri dibandingkan Luar Negeri adalah mungkin beberapa hal dibawah ini.

1.
Mungkin Aktor/ Aktrisnya dari luar Indonesia lebih Ganteng dan Lebih Cantik. Apakah itu termasuk, mengapa masyarkat indonesia lebih tertarik dengan sinetron Korea atau Bollywood. Bisa mungkin, kenyataanya adalah bahwa di Indonesia selalu mempunyai Fans Fanatik dari setiap aktor luar Indonesia. Kemudian Sebaliknya? Apakah masyarakat Luar Negeri (Bag Asia) mempunyai Fans Fanatik untuk aktor / aktris Indonesia di Negaranya? untuk saat ini belum pernah saya dengar/ lihat sendiri bahwa di luar negeri sana ada Fans fanatik dari seorang Aktris/Aktor dari Indonesia. Bagaimana mungkin hal itu terjadi? Coba lihat, berapa banyak Fans Fanatik di Indonesia yang mengidolakan Artis dari Luar Negeri bahkan sampai ingat Ulang tahunnya dan lainnya. Apakah anda salah satunya?

2.
 Mungkin Skill Akting dari Artis Luar Negeri masih jauh lebih baik dari skill akting Artis Indonesia. Jelas bisa kita bandingkan bahwa selain ganteng dan cantik mereka mempunyai akting yang sangat bagus.

3.
 Mungkin Penggarapan sebuah Sinetron Serial di Luar Negeri tidak tanggung-tanggung. Iya, sebuah sinetron yang sedang digarap sepertinya memang dikerjakan secara full. Jadilah menghasilkan film yang bagus dan berkualitas.

4.
 Mungkin di Sinetron Luar Negeri tidak ada Pemeran Alaynya Apakah anda pernah melihat alay di sebuah serial film luar negeri. Di Indonesia banyak, dan kayaknya setiap film sinetron yang dibuat di Indonesia selalu ada Manusia Alaynya.

5.
 Mungkin Cerita dari setiap Sinetron di buat tidak berlebihan (Lebay) Belum pernah lihat sebelumnya bahwa dalam satu sinetron atau serial ada yang satu episode menangis terus. Itupun acara menangisnya sangat lebay. Setiap episode dibuat berarti. Bahkan beberapa sinetron Indonesia dikabarkan tidak layak tonton. Dan mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

1 komentar:

  1. mungkin yang episodenya terlalu lama sehingga terkesan membosankan haha :D

    BalasHapus